Vokasi Brawijaya. Kuliah atau Sekolah?


Vokasi Brawijaya. Kuliah atau Sekolah?


Universitas Brawijaya memiliki salah satu fakultas yang berbasis kejuruan atau biasa dikenal dengan vokasi. Fakultas Pendidikan Vokasi Brawijaya ini memiliki sejumlah 5 program studi dan 14 bidang keahlian. Sebelum mendalami tentang Vokasi Brawijaya, kenali dulu apa itu vokasi.



Pendidikan vokasi atau skill based, yang biasa juga disebut dengan sebutan pendidikan kejuruan semakin lama semakin terkenal. Saat ini banyak sebuah perusahaan maupun UKM yang menerima para calon pekerja dari lulusan pendidikan vokasi. Mereka dinilai lebih mampu dan siap bekerja karena telah menguasai keahlian praktikal. Pendidikan vokasi adalah pendidikan yang memfokuskan pada keahlian praktikal yang dibutuhkan untuk langsung turun ke lapangan kerja. Bidang keahlian yang ada di vokasi lebih membahas topik yang khusus. Contohnya: Bisnis Digital & E-commerce, Manajemen Perhotelan, Administrasi & Kesekretariatan, dan kejuruan yang lain yang memang dibutuhkan para praktisi yang ahli dan mendalami bidang keahlian tersebut.

Jadi sebetulnya, vokasi ini seperti kuliah atau sekolah? Ya, memang vokasi adalah pendidikan tinggi program diploma yang kegiatan perkuliahannya seperti sekolah. Karena pendidikan vokasi menerapkan sistem minimal 60 persen praktek dan maksimal 30 persen terori atau idealnya 70 % praktek dan 30 % teori. Pendidikan vokasi Brawijaya mengharuskan mahasiswa untuk magang sebelum menyelsaikan program bidang keahlian mereka masing-masing. Magang mahasiswa vokasi Brawijaya selama 2 semester, dan 1 semester terakhir adalah masa tugas akhir.

Apa sih keistimewaan dari sekolah vokasi?
1.      Lebih Praktikal, jika para mahasiswa merasa bosan saat menghadiri kelas kuliah, tidak suka mengerjakan tugas yang berkutik seputar teori dan dinilai dengan cara ujian tulis, mengapa tidak mempertimbangkan pendidikan vokasi? Pendidikan vokasi Brawijaya benar-benar melatih keahlian praktikal, tentu saja lebih banyak praktek daripada teori yang menjadikan kuliah terasa seperti bekerja yang asyik.

2.      Banyak pilihan institusi, Berbeda dengan pendidikan gelar sarjana dan sebagainya, pendidikan vokasi ditawarkan lebih banyak institusi, baik itu universitas, kolese, politeknik, pusat pelatihan ataupun institusi-institusi lainnya yang berspesialisasi menyelenggarakan program pendidikan vokasi.

3.      Banyak pilihan bidang keahlian yang spesifik, Pendidikan vokasi cocok bagi mereka yang sudah jelas dan yakin dengan apa yang ingin mereka kejar sebagai karir masa depan. Banyak sekali bidang keahlian di vokasi Brawijaya yang tersedia mulai dari bisnis digital & e-commerce, jurusan yang khusus mempelajari tentang digital marketing, atau biasa ditemukan sebagai promosi secara online menggunakan platform digital, kemudian ada bidang keahlian pariwisata dan perhotelan, desain interior, desain komunikasi visual, dan masih banyak lagi. Pendidikan vokasi menekankan keahlian praktikal yang dibutuhkan untuk terjun langsung ke industri serta membahas topik yang lebih spesifik, jika dibandingkan dengan perkuliahan di universitas yang membahas topik yang lebih luas.

       Banyak info terbaru dan terupdate yang dipublikasikan melalui instagram resmi Vokasi Brawijaya. Follow @vokasiub supaya tidak ketinggalan berita dan infonya, ya!





WRITTEN BY:
ANANDA RIZKI OKTAVIANTI
BISNIS DIGITAL & E-COMMERCE (B)
183140814111022
 

Komentar