Pemasaran Digital di Rumania
Pemasaran Digital: Studi tentang
tingkat penggunaan dan pengetahuan elemen elemen pemasaran digital
dalam usaha
kecil dan menengah (UKM) di Rumania.
Pada
zaman sekarang atau biasa disebut dengan era digital, semua kegiatan
sehari-hari dapat dilakukan dengan digital, termasuk juga dalam kegiatan bisnis
dan pemasarannya. Mulai dari perusahaan yang besar hingga usaha kecil menengah,
semua memerlukan pemasaran yang dilakukan secara digital. Kita semua harus bisa
beradaptasi dengan keadaan yang baru, pada zaman dulu pemasaran dilakukan
dengan cara offline, yaitu menggunakan media cetak seperti brosur, spanduk,
billboard, dsb., yang mana pemasaran secara offline tidak bisa dipantau berapa
jumlah pemirsa dan tidak bisa dispesifikkan siapa target utama dari pemasaran
tersebut. Saat ini, kehidupan berbisnis zaman sekarang dipermudah dengan adanya
pemasaran digital. Ada beberapa istilah
seputar pemasaran digital, antara lain adalah e-commerce, e-business,
e-marketing, dll.
Dan
permintaan pelanggan akan terus bertambah, dari perusahaan maupun UKM akan
dipaksa untuk mengerjakan dengan keterbatasan sumber daya. Hal ini juga berguna
untuk pengembangan perusahaan itu sendiri, yang mana akan mengutamakan
kontribusi terhadap pertumbuhan dan penciptaan lapangan kerja, potensi yang
inovatif, dinamika, fleksibilitas, kemampuan beradaptasi, dan mobilitas adalah
beberapa karakteristik yang harus dimiliki oleh usaha kecil menengah, hal-hal
tersebut penting dalam proses pengembangan ekonomi di negara manapun. Di Uni
Eropa dan khususnya Romania ini, pengembangan ekonomi sangat dijunjung tinggi
dan didukung penuh guna untuk menciptakan dan memperkuat semangat berwirausaha,
proses pengembangan usaha kecil menengah ini juga bertujuan untuk meningkatkan
praktikal inovatif yang hasilnya juga untuk meningkatkan kinerja UKM.
Pemasaran
yang dilakukan secara digital sangat penting untuk mendukung proses
pengembangan, spesialis pemasaran berpendapat mengenai nama lain pemasaran
digital lebih komprehensif dan cakupannya aplikasi termasuk
elemen e-bisnis, e-commerce (transaksi pembelian
dan penjualan) dan pemasaran elektronik
(upaya untuk mempromosikan dan menjual layanan
di Internet).
Sebelum
melakukan pemasaran digital, ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu penelitian statistik, kegiatan tersebut memiliki tujuan untuk
menentukan sejauh mana usaha kecil menengah yang ada di Rumania memahami konsep pemasaran digital, kemudian untuk mengidentifikasi apakah organisasi-organisasi ini telah
berkembang dengan menggunakan strategi khusus pemasaran digital, dan yang terakhir untuk mengidentifikasi
apakah ada individu atau kelompok yang akan bertanggung jawab
pada kegiatan pemasaran digital di tingkat
organisasi.
Ananda
Rizki Oktavianti
183140814111022
Bisnis
Digital & E-commerce - B
Komentar
Posting Komentar