Pemasaran Digital di Rumania



Pemasaran Digital: Studi tentang tingkat penggunaan dan pengetahuan elemen elemen  pemasaran digital  dalam usaha kecil dan menengah (UKM) di Rumania.

     Pada zaman sekarang atau biasa disebut dengan era digital, semua kegiatan sehari-hari dapat dilakukan dengan digital, termasuk juga dalam kegiatan bisnis dan pemasarannya. Mulai dari perusahaan yang besar hingga usaha kecil menengah, semua memerlukan pemasaran yang dilakukan secara digital. Kita semua harus bisa beradaptasi dengan keadaan yang baru, pada zaman dulu pemasaran dilakukan dengan cara offline, yaitu menggunakan media cetak seperti brosur, spanduk, billboard, dsb., yang mana pemasaran secara offline tidak bisa dipantau berapa jumlah pemirsa dan tidak bisa dispesifikkan siapa target utama dari pemasaran tersebut. Saat ini, kehidupan berbisnis zaman sekarang dipermudah dengan adanya pemasaran digital.  Ada beberapa istilah seputar pemasaran digital, antara lain adalah e-commerce, e-business, e-marketing, dll. 

     Dan permintaan pelanggan akan terus bertambah, dari perusahaan maupun UKM akan dipaksa untuk mengerjakan dengan keterbatasan sumber daya. Hal ini juga berguna untuk pengembangan perusahaan itu sendiri, yang mana akan mengutamakan kontribusi terhadap pertumbuhan dan penciptaan lapangan kerja, potensi yang inovatif, dinamika, fleksibilitas, kemampuan beradaptasi, dan mobilitas adalah beberapa karakteristik yang harus dimiliki oleh usaha kecil menengah, hal-hal tersebut penting dalam proses pengembangan ekonomi di negara manapun. Di Uni Eropa dan khususnya Romania ini, pengembangan ekonomi sangat dijunjung tinggi dan didukung penuh guna untuk menciptakan dan memperkuat semangat berwirausaha, proses pengembangan usaha kecil menengah ini juga bertujuan untuk meningkatkan praktikal inovatif yang hasilnya juga untuk meningkatkan kinerja UKM.

     Pemasaran yang dilakukan secara digital sangat penting untuk mendukung proses pengembangan, spesialis pemasaran berpendapat mengenai nama lain pemasaran digital lebih komprehensif dan cakupannya aplikasi termasuk elemen e-bisnis, e-commerce (transaksi pembelian dan penjualan) dan pemasaran elektronik (upaya untuk mempromosikan dan menjual layanan di Internet).
 
     Sebelum melakukan pemasaran digital, ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu penelitian statistik, kegiatan tersebut memiliki tujuan untuk menentukan sejauh mana usaha kecil menengah yang ada di Rumania memahami konsep pemasaran digital, kemudian untuk mengidentifikasi apakah organisasi-organisasi ini telah berkembang dengan menggunakan strategi khusus pemasaran digital, dan yang terakhir untuk mengidentifikasi apakah ada individu atau kelompok yang akan bertanggung jawab pada kegiatan pemasaran digital di tingkat organisasi.

Ananda Rizki Oktavianti
183140814111022
Bisnis Digital & E-commerce - B

Komentar